Image result for tanda tanda kucing akan melahirkan

Ciri-ciri kucing mau melahirkan gimana ya? Memelihara kucing sebenarnya sudah menjadi hobi banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun senang memelihara kucing bahkan mengkoleksinya. Tetapi, ketika kucing yang dipelihara berjenis kelamin betina, tentunya akan membutuhkan lebih banyak perhatian karena kucing betina memiliki masa kehamilan.
Selain memberi perhatian lebih, ada baiknya anda juga harus memperhatikan kondisi kehamilan kucing dengan cara menggali informasi tentang cara membantu kucing melahirkan.
Pada dasarnya kucing bisa melahirkan sendiri secara alamiah tanpa bantuan manusia, karena induk kucing yang akan melahirkan justru terganggu dengan kehadiran manusia.
Kucing merupakan mamalia yang akan mengandung sekitar 2 bulan untuk kemudian mengalami proses persalinan. Sama seperti hewan lainnya, pada saat akan melahirkan kucing akan menunjukkan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ia akan segera melahirkan. Dari muncul tanda hingga bayi kucing lahir akan memakan waktu sekitar 12 hingga 36 jam. Kita perlu terus mengawasi kucing kita yang akan melahirkan karena terkadang terdapat beberapa masalah terkait kehamilan yang dapat berbahaya bagi induk dan bayinya. Jika kita mengetahui dari dini permasalahan yang ada, kita dapat segera meminta bantuan dokter hewan agar persalinan dapat berjalan dengan lancar.
1. Perubahan Perilaku Pada Kucing
Pada tahap awal menjelang persalinan, kucing akan mengalami beberapa perubahan perilaku yang dapat kita amati. Perubahan perilaku tersebut berupa kucing yang terlihat gelisah, gugup, dan juga menjadi lebih manja. Terkadang kucing juga tampak mencari perhatian dari pemiliknya seperti terus mengikuti majikannya kemana pun. Untuk mengatasi tanda ini, kita dapat mengelus kucing untuk menenangkan dan membuat dia lebih relax

2.Mencari tempat

Saat 3 hari sebelum kucing anda ingin melahirkan, kucing tersebut akan sibuk mencari sudut sudut tempat dan membuat gaduh rumah yang pastinya hal ini tidak biasa mereka lakukan sebelumnya. Seperti memaksa masuk ke lemari, masuk kedalam kolong meja, bahkan masuk ke atap rumah
3.Pecahnya air ketuban
Dalam proses yang sangat mendebarkan ketika kucing anda ingin melahirkan adalah saat induk kucing mengalami pecahnya air ketuban mereka. Oleh karena itu jangan lupa perhatikan kucing anda dengan menyediakan tempat yang terbaik untuk proses melahirkan mereka seperti menyediakan alas yang lembut pada kucing tersebut.

4.Tidur panjang

Kucing yang sudah mendekati waktu melahirkan juga mengalami waktu tidur yang cukup panjang hingga 20 jam. Mungkin hal ini agak mengkhawatirkan jika kita tidak tau penyebab mereka kenapa begitu lama tertidur. Tapi sobat cat lovers tenang saja, kalo kucing anda tidur lama dalam keadaan hamil itu bisa di pastikan kucing anda sudah mendekati proses kehamilannya

5.Mengeluarkan cairan kolostrum

Dalam mendekati hari kelahiran induk kucing, kucing tersebut akan mengeluarkan cairan kolostrum yang biasa di sebut jolong, cairan kolostrum ini berasal dari kelenjar susu yang merupakan sebagai tanda bayi kucing akan segera keluar dari rahim induk kucing. Warna pada cairan kolostrum mempunyai bentuk warna kuning umumnya.
Sebaiknya untuk melakukan persiapan, anda harus menyiapkan tempat lagi yang nyaman dan bersih untuk anak anak bayi kucing tersebut dan memindahkannya bersama induk kucing setelah melahirkan.
6.Mengeong – ngeong berlebihan
Kucing yang sangat mendekati proses kehamilannya biasanya akan mengeong ngeong keras seperti memanggil kucing jantannya. Namun jika hal tersebut terjadi, sebagai pemiliknya anda jangan membawa seekor kucing jantan kepada kucing betina  karena hal itu sangat berbahaya untuk bayi kucing yang nanti di lahirkanKarena pada faktanya sering terjadi kasus dimana bayi kucing yang baru melahirkan akan di makan oleh ayahnya ( kucing jantan ) terlebih lagi jika anak yang di lahirkan dari induk kucing mempunyai jenis kelamin lelaki. Oleh sebab itu biarkan saja induk kucing sendiri di dalam ruangannya untuk melakukan proses kehamilannya dengan baik.
Oke sahabat cat lovers, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menjaga proses kehamilan induk kucing secara baik yap! Salam sukses cat lover solo

0 Komentar